selanjutnya

Kamis, 07 Oktober 2010

JOOMLA

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan memberikan kemudahan seseorang untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Tujuan awal dibuatnya CMS adalah didesain untuk memudahkan pengaturan bagi pengguna bahkan untuk seseorang yang tidak mempunyai keahlian pemprograman. CMS juga dapat memberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya.
          Penggunaan CMS bermacam-macam, diantaranya yaitu :
  • Mengelola website pribadi.
  • Mengelola website perusahaan/bisnis.
  • Portal atau website komunitas.
  • Website jual beli online
  • Website Sekolah.  
  • Galeri foto,
  • Forum. 
  • Aplikasi E-Commerce. 
  • Dan lain-lain. 



Membuat Toko Online Dengan Joomla dan VirtueMart.

Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor). Joomla digunakan untuk membuat website dan berbagai aplikasi online. Apabila seseorang yang tidak paham dengan pemograman web tidak perlu khawatir karena penggunaan joomla mudah dan sangat user friendly. Untuk membuat Joomla seperti jual beli online dapat mengaturnya dengan menambahkan aplikasi-aplikasi tersedia yang sudah tersedia. Joomla mengenal 3 paket (aplikasi) yaitu modul, component dan mambot. Jomla terdiri dari 3 elemen dasar yaitu diantaranya adalah server web atau webserver, skrip PHP dan basis data MySQL.
Toko Online adalah sebuah website yang menawarkan berbagai macam produk selayaknya toko secara offline seperti biasa. Namun ada banyak kemudahan yang akan diperoleh jika menjual produk dengan toko online baik bagi pemilik toko online itu sendiri maupun bagi pelanggannya
Keunggulan dari Joomla adalah untuk berbagai keperluan terutama membangun website secara cepat tanpa mengesampingkan segi keindahan tampilan.
Virtuemart adalah komponen e-Commerce yang khusus diperuntukkan untuk Joomla. Sebelum menjadi Virtuemart, yang dulu namanya Mambo PHP Shop. Dengan adanya komponen ini memungkinkan situs Joomla kita memiliki fitur-fitur seperti toko online profesional dengan mudah tanpa harus menguasai teknik pemrograman.
Dari Referensi salah satu blog yg saya baca di bawah ini adalah cara atau proses instalasi .
Langkah-Langkah sebelum memulai, download dulu source Joomla yang sudah dibundle dengan Virtuemart. Pastikan dikomputer kita harus sudah menginstall apache web server, php dan mysql. Dan juga bisa menggunakan software XAMPP untuk menginstalnya.

Selanjutnya, mulai ikuti langkah-langkah berikut:

1.        Ekstrak file source.
2.        Buat folder baru di c:\xampp\htdocs (tergantung dimana kita menginstall XAMPP, atau apache web servernya).
3.        Copy-kan hasil ekstraksi file source ke folder baru tersebut.
4.        Buka browser, dan arahkan ke alamat folder baru yang kita buat.
5.        Misal. Folder yang kita buat adalah tokoakhuna, maka anda buka browser dan mengetikkan alamat http://localhost/tokoakhuna/
6.        Selanjutnya pastikan kita mengisi form-form yang diminta dengan terus mengklik tombol NEXT. 
7.        Pada isian DATABASE CONFIGURATION, isikan data berikut:
Hostname: localhost
Username: root
Password: [kosongi saja]
Database Name: db_akhuna
Nama database bisa terserah, mis. Dbtoko, dbstore, dll tergantung kesukaan.
8.        Pada isian MAIN CONFIGURATION, isikan nama situs, nama email serta password admin kita (jangan sampai lupa password admin ini). Dan pastikan kita mengklik tombol INSTALL SAMPLE DATA. Selanjutnya klik NEXT.
9.        Setelah mencapai tahap FINISH, langkah terakhir adalah menghapus folder INSTALLATION. Karena jika tidak hapus, proses tidak akan bisa diteruskanan.
10.  Salah satu hasil screenshot toko online.
 
Manfaat Joomla diantaranya yaitu :
1.         Website Jejaring Sosial (Social NEtwork) dimanfaatkan untuk membangun komunitas di internet dalam berbagai bidang. Contohnya yaitu keagamaan, kedokteran dan bidang lainnya.
2.         Website Profil Perusahaan (Company Profile) di manfaatkan untuk membuat website untuk institusi. Contohnya yaitu profil perusahaan.
3.         Website Toko Online (Online Store) dimanfaatkan untuk Penjualan produk secara online.
4.         Website Perpustakaan Digital (Digital Library) manfaatnya untuk mengembangkan sebuah website berbasis perpustakaan digital.
5.         Website pelatihan dan konsultansi (Trainning and Consulting) sangat memudahkan seorang programmer pemula untuk menyediakan fasilitas tersebut tanpa harus merancang dan membuat script yang dirasakan rumit
6.         Website portal multi bahasa (Web Portal Multilanguage) manfaatnya untuk Infomasi atau berita dan dapat disajikan secara cepat dalam berbagai pilihan bahasa.


Menurut referensi di salah satu blog yang saya baca untuk membuat toko online dengan menggunakan joomla namun ada kelebihan dan kekurangan.
 
Kelebihan Toko Online dan Kekurangan Toko Online diantaranya :  

Kelebihan Toko Online diantaranya :
1.        Jangkauan Pasar yang sangat luas.
dengan toko online kita tidak perlu takut dengan masalah jangkauan pasar yang sangat sengit persaingannya. Maka dari itu dengan toko online kita bisa memasarkan produk yang kita tawarkan hingga ke pelosok dunia.
2.        Tidak Memerlukan Sebuah Gedung Untuk Menempatkan Produk kita.
Maksudnya adalah kita akan menghemat biaya dan memperkecil modal yang kita buat. Karena yang kita butuhkan adalah hanyalah sebuah website yang bisa kita akses dari seluruh dunia. Maka dari itu untuk memiliki sebuah website bisa kita dapatkan walau hanya dengan biaya Rp 100.000,- dan bahkan juga banyak yang gratis.
3.        Tidak Harus Punya Karyawan.
Jika masih pemula, kita memberi peluang untuk mengerjakannya sendirian. Namun jika suatu saat kita sudah merasa kewalahan karena terlalu banyak order, maka kita boleh juga mengajak seorang karyawan untuk membantu melayani pelanggan toko online kita.
4.        Tidak Perlu Modal Yang Besar.
Maksud tidak perlu modal yang bersar yaitu kita hanya cukup untuk beli domain dan hosting saja. Itu pun juga kalau ada yang gratis. Kalo masalah barang yang akan ditawarkan kita juga bisa bekerja sama kepada seorang rekanan kita yang memiliki produk, sehingga kita tidak perlu membelinya semuanya terlebih dahulu.

Kekurangan Toko Online diantaranya :
1.        Ada Biaya Pengiriman.
Karena toko online memili jangkauan yang sangat luas, maka dari itu ada biaya pengiriman barang yang harus dikeluarkan. kecuali jika barang yang dijual merupakan produk virtual yang bisa dikirimkan melalui internet. Dalam hal ini menjual produk pulsa elektrik juga tidak membutuhkan biaya pengiriman.
2.        Butuh Waktu Untuk Pengiriman Barang.
Jika jarak yang ditempuh lumayan jauh, maka kita tidak memerlukan waktu untuk mengirimkan barangnya. karena kebanyakan orang agak malas belanja di internet karena harus menunggu untuk pengiriman barangnya. 

Saya akan membahas perbedaan Joomla dengan wordpress yaitu joomla lebih banyak pilihan extensi nya dibanding wordpress. wordpress memiliki plugin yang banyak, plugin yang di gunakan di wordpress lebih kepada ke perlengkapan NgeBlog dan Portal, sedangkan untuk joomla memiliki extensi yang lengkap mulai dari blog, forum, socialnetworking, chatting, portal, toko online, pilihan menu2 yang unik. Wordpress hanya mementingkan tulisan saja dan template, sedangkan joomla blog nya lebih powerfull.
Kesimpulan Perbedaan joomla dengan wordpress
Joomla dan Wordpress adalah sama-sama CMS yang dapat digunakanm untuk membuat website. Namun dari CMS tersebut masing masing mempunyai kelebihan pada implementasi yang berbeda. Joomla merupakan CMS yang sangat optimal jika digunakan untuk pembuatan website namun CMS ini lebih mengarah ke web E-commerce. Sedangkan CMS wordpress lebih mengarah ke personal web (Blog) dengan kemampuan yang dimiliki CMS ini. Akan tetapi kemampuan kedua CMS ini sangat baik dan user friendly dalam pembuatan sebuah website.

Sumber    :  http://akhuna.wordpress.com/2009/06/11/membuat-toko-online-dengan-joomla-dan-virtuemart-1/


http://www.bambangirwanto.com/toko-online/membuat-toko-online-super-oke-dengan-joomla/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar