selanjutnya

Rabu, 03 Maret 2010

MEMBUAT GAME BILANGAN RAHASIA MENGGUNAKAN JAVA SCRIPT

1.1 LATAR BELAKANG

Latar belakang dari pembuatan aplikasi game bilangan rahasia. Zaman teknologi ini para penggemar game mungkin bertanya – tanya bagaimana cara membuat game yang sedang mereka mainkan, walaupun sebagian besar juga mungkin sudah cukup senang dengan hanya memainkan game yang mereka sukai, tanpa perlu berpikir bagaimana game tersebut dibuat. Namun demikian, jika kita mempunyai kemauan untuk ingin lebih memperluas wawasan, maka kita akan berusaha mengetahui cara membuat game tersebut dan apa yang menyebabkan game itu menjadi menarik untuk dimainkan.
Untuk itu Penulis ingin membuat suatu game sederhana berupa game Bilangan Rahasia yang dapat berjalan dalam sebuah komputer. Permainan ini dapat dimainkan hanya dengan 1 player dengan menggunakan bahasa pemrograman Java Script. Java Script memiliki kemampuan tampilan GUI (Graphical User Interface), bisa dijalankan pada platform operating system seperti Windows, selain itu juga Java Script dapat menjalankan beberapa macam proses secara bersamaan atau biasa disebut multithreading.

1.2 TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membuat sebuah Game Bilangan Rahasia yang mampu menjadi media bagi masyarakat dalam mempelajari tentang perkembangan teknologi dengan menggunakan komputer.
Pembuatan games bilangan rahasia ini juga bertujuan untuk memberikan hiburan dan dapat menambah wawasan khususnya dalam menentukan bilangan – bilangan angka.

1.3 BATASAN MASALAH
Batasan dari aplikasi yang dibuat adalah pada proses perancangan dan proses pembuatan Game dengan menggunakan Java Script. Game yang akan dibuat adalah seperti simulasi Game Bilangan Rahasia yang dijalankan pada Web browser. Web browser adalah program yang ditujukan untuk mengakses halaman Web. 

1 .4 Konsep Game Bilangan Rahasia
Game Bilangan Rahasia ini dibuat menggunakan program Java Script yang nantinya akan dijalankan pada internet explorer. Pada game bilangan rahasia ini terdapat peraturan – peraturan yang telah ditentukan oleh komputer. Selanjutnya game ini menggunakan media mouse dan keyboard sebagai hardware yang digunakan.

1.5 Rancangan Game Bilangan Rahasia
Untuk membangun sebuah game bilangan rahasia yang menggunakan Java Script. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan coding – coding yang nantinya digunakan untuk membuat game ini. Untuk membangun game ini digunakan beberapa cara yaitu :
1.      Mengetikan perintah -  perintah yang telah dibuat pada MACROMEDIA
DREAMWEAVER MX 8.
2.      Save dengan menggunakan format ( .html ).
3.      Menggunakan internet explorer untuk menjalankannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar