selanjutnya

Senin, 20 Desember 2010

SNB ( Social Network Business )


Pada tugas mata kuliah Softskill, saya akan membahas mengenai SNB.

Definisi Social Network Business
Apa sih SNB itu ?? SNB singkatan dari Social Network Business. bahasa lainnya berarti layanan jaringan sosial. SNB (Social Network Business) merupakan sebuah website untuk menghubungkan bisnis dan situs jaringan sosial. SNB (Social Network Business) sangat berhubungan dengan Social Network Service (SNS) karena pada layanan jaringan sosial dapat dimanfaatkan untuk melakukan suatu bisnis yang dapat bermanfaat bagi produsen dan konsumennya. Jaringan sosial Bisnis ini banyak macamnya salah satunya yaitu facebook, twitter, friendster, blog dan masih banyak lagi.
Tidak semuanya jaringan sosial seperti facebook, twitter, blog dan sejenisnya membawa pengaruh yang negatif. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang memiliki pendapat seperti itu. Asal digunakan untuk hal-hal yang berbau positif, maka akan membawa pengaruh dan manfaat yang positif juga bagi penggunanya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari jejaring sosial ini diantaranya :

1. Sebagai sarana untuk berbagi. Entah itu berbagi informasi, atau berbagi pengalaman hidup baik suka maupun duka.
2. Sebagai sarana promosi. Bagi yang suka berdagang, media pemasaran bisa lebih meluas. Tak hanya dilakukan secara offline, tapi kini bisa dilakukan secara online. Salah satunya dengan memajang foto foto produk dan mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook, website, ataupun blog pribadi. Dengan harapan, teman-teman yang ada di dunia maya tertarik setelah melihat barang apa saja yang kita tawarkan. Hingga memutuskan untuk membelinya.
3. Sebagai sarana untuk menyalurkan hobbi. Bagi yang suka menulis, jejaring social menyediakan banyak info-info lomba menulis sekaligus ajakan menulis dari para penulis yang lebih dulu terjun dalam bidang kepenulisan.
4. Sebagai sarana untuk berekspresi. Salah satunya dalam bidang menulis. Kita bebas mempromosikan tulisan kita tanpa takut diedit atau ditolak seperti yang dilakukan oleh media cetak. Dari tulisan yang kita tulis, kita bisa meminta orang-orang untuk memberikan masukan yang bermanfaat bagi kemajuan menulis kita. Baik lewat pujian maupun kritik yang membangun. Ini hanya sebagian dari manfaat jejaring sosial. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa kita gali dari jejaring social seperti facebook, website, blog dan yang lainnya.

Struktur Umum Social Network Business
  •  Dasar-dasar Social Network Business
Situs jejaring sosial cenderung untuk berbagi beberapa fitur konvensional. Paling sering, pengguna individu didorong untuk membuat profil yang berisi berbagai informasi tentang diri mereka sendiri. Pengguna sering dapat meng-upload foto sendiri untuk profil mereka, posting entri blog bagi orang lain untuk membaca, mencari pengguna lain dengan minat yang sama, dan mengkompilasi dan daftar saham kontak
  • Fitur Tambahan dalam Social Network Business
Beberapa jaringan sosial memiliki fitur tambahan, seperti kemampuan untuk membuat kelompok-kelompok yang memiliki kepentingan bersama Akhir-akhir ini, jaringan sosial mobile telah menjadi populer. Di komunitas ponsel paling, pengguna ponsel kini dapat membuat profil mereka sendiri, membuat teman-teman, berpartisipasi dalam kamar chatting, membuat chat room, terus percakapan pribadi, berbagi foto dan video, dan blog saham dengan menggunakan ponsel mereka. pengguna telepon mobile pada dasarnya terbuka untuk setiap opsi bahwa seseorang duduk di komputer memiliki. Beberapa perusahaan menyediakan layanan nirkabel yang memungkinkan pelanggan untuk membangun komunitas mobile mereka sendiri dan merek, tapi salah satu layanan nirkabel yang paling populer untuk jaringan sosial di Amerika Utara adalah facebook Mobile.
  • Emerging tren di jaringan sosial
Di garis depan muncul tren di situs jejaring sosial adalah konsep “real time” dan “berbasis lokasi”. Real time memungkinkan pengguna untuk menyumbangkan konten, yang kemudian disiarkan karena sedang di-upload – konsep yang mirip dengan hidup siaran televisi. Twitter menciptakan tren untuk real “waktu layanan”, di mana pengguna dapat disiarkan ke seluruh dunia apa yang mereka lakukan, atau apa yang ada di pikiran mereka dalam batas karakter 140. Twitter berfokus pada kata-kata, sedangkan Clixtr (layanan lain real time) berfokus pada berbagi foto grup dimana pengguna dapat memperbarui foto mereka sungai dengan foto saat di sebuah acara.
  • Sosial jaringan layanan hosting
Sebuah jaringan sosial layanan hosting adalah layanan hosting web host yang secara khusus penciptaan pengguna berbasis web layanan jaringan sosial, bersama aplikasi terkait. Layanan tersebut juga dikenal sebagai jaringan sosial vertikal karena penciptaan SNSes yang diperuntukkan untuk kepentingan pengguna tertentu dan niche, seperti yang lebih besar, SNSes bunga-agnostik, jasa pelayanan khusus seperti jaringan juga dapat memiliki kemampuan untuk membuat semakin-niche kelompok pengguna.
  • Model Bisnis
Beberapa jaringan sosial saat ini uang untuk biaya keanggotaan. Pada bagian, ini mungkin karena jaringan sosial adalah layanan baru yang relatif, dan nilai menggunakan mereka belum mantap dalam ‘pikiran pelanggan. Perusahaan seperti MySpace dan dapat menjual iklan online di situs mereka. Model bisnis mereka adalah berdasarkan jumlah keanggotaan yang besar, dan pengisian untuk keanggotaan akan menjadi kontraproduktif. Beberapa percaya bahwa informasi yang lebih dalam bahwa situs terhadap setiap pengguna akan memungkinkan jauh lebih baik daripada iklan bertarget situs lain yang saat ini dapat menyediakan.

Sumber : http://www.internetmarketingterbaik.com/2010/01/apa-jaringan-sosial-websites.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar